Follow @jagadaneh
Unik Ular berkaki empat!!!!! - Jagad-Aneh
Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Unik Ular berkaki empat!!!!!

Written By WENDHA AGUS TANDRA on Wednesday, February 17, 2010 | 1:09 AM


RENGAT - Warga Kota Rengat, Indragiri Hulu, Provinsi Riau, dihebohkan penemuan ular aneh. Ular berwarna hitam tersebut memiliki empat kaki. Adalah Bujang, pemuda berusia 26 tahun, yang memelihara binatang langka tersebut.

ular

Bujang yang sehari-hari bekerja sebagai loper koran itu menyimpan ular aneh tersebut dalam botol air mineral. Panjang ular itu sekitar 15 sentimeter.

Secara kasatmata, ular tersebut terlihat memiliki empat kaki. ”Mungkin ini masih anaknya, tapi saya juga nggak tahu nama binatang ini,” ucap Bujang yang saat itu didampingi rekannya, Berto.

Dia menuturkan bahwa ular tersebut diperolehnya dari seorang warga di Desa Rantau Mapesai, Rengat Seberang, Kecamatan Rengat, Minggu pagi lalu (15/2). Warga tersebut menuturkan, ular berkaki empat itu ditemukan di selokan kecil depan rumahnya.

Karena tidak mengetahui jenis binatang itu dan kebingungan memeliharanya, warga tersebut memberikannya kepada Bujang. ”Saya sendiri juga tidak tahu, tapi belum lama ini saya pernah baca di koran, binatang seperti ini pernah ditemukan di Kalimantan dan tergolong langka,” ujarnya.

Ular berkaki empat milik Bujang itu mirip salamander, vertebrata yang hidup di dua alam (amfibi) yang tergolong dalam kelas amfibi yang berekor dan berkaki (caudata/urodela). Ahmad Muhammad, dosen biologi fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA), menduga binatang itu masuk jenis kadal. Hewan tersebut memang sangat langka. ”Setahu saya, ini yang pertama ditemukan masyarakat di Riau, tapi mungkin juga di Sumatera. Namun, saya tidak tahu pasti. Kalau di Kalimantan saya pernah dengar,” ungkap alumnus Universitas Gajah Mada itu.

5 comments:

Anonymous said...

saya juga punya ular berkaki empat dan sekarang masih hidup,ntar kalau udah besar akan saya perlihatkan,kalau sekarang tak perlihatkan di sangka cacing kali....hehehehehe.....
ular yang nampak pada gambar itu mirip punyaku ,bedanya ularku ada sengatanya pada ekornya .
kapan-kapan tak perlihatkan yaaaaa !

Anonymous said...

Sya Jga Pernah Menemukan Ular Sprti Itu
Sya Mendpatkannya Saat Sya Sdang Menyapu Lantai Saat Mnemukan Sya Takut Sya Berpikir Bhwa Binatang Itu Makhluk Jadi"an Tp Stelah Sya Bertnya Pda Orng" Yg Ad Disektar Sya,Ad Yg Bilang Bintang Itu Ular,Kadal,Cacing Dan Stelah Sya Pikir" Itu Adlah Ular Dan Berhubung Sya Tdk Taw Cra Mrawatnya Jdi Sya Melepaskan Ular Itu Agar Bsa Hdup Bebas.Diprkirakan Sya Bertemu Ular Itu Bulan MEI 2011 ( Jimbaran,Bali )

Ulik said...

saya jg nyari info tntang hewan ini..
wah ternyata banyak jg yg nemuin,, saya jg nemu 1 ekor…
awal’y saya jg ngira tu cacing, pas dideketn ko kaya ular, eh dideketn ko malah lari cepet, dliat lagi trnyata punya kaki… jadi’y kaya kadal… karna aneh ru prtama liat jg saya plihara dech d toples… hehehe…
makan’y saya kasih rayap,, makan’y tuh kaya cicak nyaplok mangsanya, mulut kbuka lebar… kotorn’y jg kaya kotoran cicak hanya ukuran lbih kecil warna hitam trus ada putih’y.. (^_^)”
yg saya temuin kadal ini ekor’y kaya bis putus yg sedang tumbuh lg seperti ekor cicak…
org drumah jg pada kaget soal’y blm pernah liat… malah dsangka ular naga… :D
saya jg pgn tau tuh,, nama’y apa? jenis ular tow kadal? spesies apa? habitat’y sprti apa? makann slain rayap apa? jenis langka tow bkn?
kalo ada yg tau kasih info dan photo’y ya biar ga penasaran lg… hehehe… :D
terimakasih…

http://serba-tanaman.blogspot.com
http://bengkelulik.blogspot.com

Anonymous said...

ada yang pernah tau namanya ular kisi...
kata ibu'q itu namanya ular kisi.... aku jg pernah nemu di ruang tamu ma di depan kamarq... karena masih kecil kakinya cuman ada 2

Setyawan Ivan said...

hari Minggu kemarin 21 Juli 13 saya menemukan seekor ular ini kata nenek ini ular klisi sangar berbisa.

Post a Comment