Follow @jagadaneh
Ada Juga Durian Berwarna Merah - Jagad-Aneh
Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Ada Juga Durian Berwarna Merah

Written By WENDHA AGUS TANDRA on Saturday, March 20, 2010 | 12:26 AM

Durian merah

KOTA KINABALU - Selama ini kita mengenal daging durian berwarna kuning. Di Negara Bagian Sabah, Malaysia, ada daging durian yang memiliki warna merah.

Sebenarnya durian merah tidak hanya ada di Malaysia. Menurut penelusuran, buah ini juga terdapat di negara ASEAN lainnya, termasuk banyak di Kabupaten Kutai yang hidup di hutan, ladang, atau di tepi Sungai Mahakam.

Di kalangan masyarakat Kadazandusun, Sabah, buah itu dikenal dengan nama "durian hutan (jungle durian)". Buah itu juga dikenal dengan nama "sukang" atau "tabelak". Nama ilmiahnya Durio Gravloens.

Surat kabar Straits Times, Senin (28/9/2009), menulis, daging durian merah lebih tipis dan lebih kering dibandingkan dengan buah yang ditanam, yang biasanya berdaging tebal dan tekstur kuning krem. Mengenai rasanya, ada yang bilang mirip durian yang biasa, ada pula yang menyebut seperti wortel.

Kementerian Pariwisata, Budaya, dan Lingkungan Sabah Datuk Masidi Manjum mengatakan dirinya tidak mengetahui ada yang menanam sukang, karena tidak ada antusiasme di kalangan penduduk lokal.

Datuk Masidi mengatakan yang menarik dari sukang adalah warnanya yang merah. "Itu hal utama yang membuatnya menonjol," katanya, sembari menambahkan bahwa durian jenis ini juga dihargai yang lebih rendah daripada buah yang biasanya

0 comments:

Post a Comment