Follow @jagadaneh
Jaguar!!Komputer Paling Cepat Di Dunia - Jagad-Aneh
Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Jaguar!!Komputer Paling Cepat Di Dunia

Written By WENDHA AGUS TANDRA on Thursday, June 3, 2010 | 6:15 AM



Jaguar (Ist.)

Mau tahu komputer super yang bikin China gregetan? Ya, namanya adalah Jaguar. Jaguar di sini bukanlah merk mobil mahal. Namun merupakan komputer super tercepat di dunia milik Amerika Serikat yang dapat melakukan banyak kegiatan dalam sehari. Saking banyaknya, komputer biasa hanya bisa menyelesaikannya dalam tempo 100 tahun.

Jaguar yang dibuat oleh perusahaan bernama Cray ini ditempatkan di laboratorium Nasional Oak Ridge di Tennessee, Amerika Serikat. Dikutip detikINET dari Telegraph, Kamis (3/6/2010), ia memiliki kecepatan sebesar 1,75 petaflops per detik. Satu petaflop setara dengan 1.000 triliun kalkulasi.

http://www.multimolti.com/blog/wp-content/uploads/2008/11/roadrunner_supercomputer.jpg

Komputer seharga US$ 120 juta ini telah digunakan oleh para ilmuwan untuk mensimulasikan ledakan bintang, aliran uranium ke sungai Columbia dari penyimpanannya di bawah tanah dan menampilkan dampak perubahan iklim.

Amerika memang menjadi rumah bagi setengah dari 500 superkomputer yang tercatat di dalam daftar International Supercomputing Conference. Namun rupanya China tak mau kalah. Sang Negeri Tirai Bambu pun ingin membuat komputer supercepat untuk menyaingi Jaguar.

China dengan komputer Nebulae-nya mampu bercokol di urutan kedua skala global dengan performa 1,271 petaflop per detik. China sendiri saat ini telah memiliki 24 superkomputer yang bercokol di negaranya.

http://www.coated.com/wp-content/uploads/2009/11/amd-jaguar-fastest-computer.jpg

Inggris sendiri juga mempunyai 38 dari 500 superkomputer tersebut. Komputer supercepat itu kini ditempatkan di Universitas Edinburgh. Para ilmuwan mengatakan bahwa superkomputer semakin sering digunakan secara komersial, terutama di sektor dirgantara dan pertahanan.

Ritel raksasa seperti Walmart bahkan memiliki sistem itu untuk melacak rantai suplai dagangan mereka. Para ahli juga mengatakan selain 500 superkomputer tersebut ada sejumlah mesin rahasia yang dimiliki setiap negara di dunia yang kecepatannya bisa jauh lebih besar. Wow

0 comments:

Post a Comment