Follow @jagadaneh
Pemimpin Wanita YAng Dijuluki Wanita Besi - Jagad-Aneh
Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Pemimpin Wanita YAng Dijuluki Wanita Besi

Written By WENDHA AGUS TANDRA on Monday, June 7, 2010 | 6:39 PM





Banyak orang yang beranggapan kalau seorang wanita itu tidak bisa memimpin. Mereka ditakdirin hanya untuk bergelut di dunia rumah, mulai dari memasak, mencuci, mengurus anak dan lain sebagainya. Namun, dalam era kekinian banyak wanita yang menjadi pemimpin negara. Hal ini bisa dilihat dalam kolom artikel di web Wikipedia. Dan dari pemimpin wanita yang pernah ada di muka bumi ini ada beberapa yang dijuluki sebagai "wanita besi"
Quote:
Wanita Besi adalah sebuah julukan yang biasa digunakan untuk berbagai kepala pemerintahan wanita di dunia yang menggambarkan wanita dengan pendirian dan kemauan kuat. Beberapa pemimpin yang mendapatkan julukan ini antara lain:
Quote:
Indira Gandhi


Spoiler for Keterangan Indira Gandhi:

Indira Priyadarshini Gandhi (lahir di Allahabad, UP, India, 19 November 1917 – meninggal 31 Oktober 1984 pada umur 66 tahun) adalah Perdana Menteri India pada periode 19 Januari 1966 - 24 Maret 1977 dan berlanjut pada 14 Januari 1980 hingga ia mengalami pembunuhan pada 31 Oktober 1984.
Ia tewas terbunuh pada 1984 dalam aksi teror yang dilakukan dua pengawal yang memeluk ajaran Sikhisme. Aksi itu dipicu oleh instruksinya yang memerintahkan tentara menyerang Kuil Emas di Punjab. Kuil itu dijadikan markas para pengikut Sikh yang menginginkan Punjab sebagai negara mereka.
Quote:
Golda Meir


Spoiler for Keterangan Golda Meir:

Golda Meir (lahir Golda Mabovitz; pada lahir 3 Mei 1898 – meninggal 8 Desember 1978 pada umur 80 tahun) adalah salah seorang pendiri negara Israel. Meir pernah menjabat sebagai Menteri Perburuhan, Menteri Luar Negeri, dan Perdana Menteri keempat Israel pada periode 17 Maret 1969 - 3 Juni 1974. Sebagaimana dikatakan oleh BBC, Golda Meir adalah "Wanita Besi" dalam politik Israel jauh sebelum ungkapan itu diciptakan untuk Margaret Thatcher. David Ben-Gurion pernah menggambarkannya sebagai "satu-satunya lelaki di dalam Kabinet (Israel)." Ia adalah perempuan pertama (dan hingga kini satu-satunya) yang menjadi Perdana Menteri Israel, dan PM perempuan ketiga di dunia.
Quote:
Margaret Thatcher


Spoiler for Keterangan Margaret Thatcher:

Margaret Hilda Thatcher, Baroness Thatcher, LG, OM, PC, FRS (lahir di Grantham, Lincolnshire, Inggris, 13 Oktober 1925; umur 84 tahun) adalah Perdana Menteri Britania Raya pada tahun 1979-1990; masa jabat terpanjang di abad ke-20. Ia merupakan satu-satunya perempuan yang menduduki jabatan tersebut serta menjadi pemimpin sebuah partai politik besar di Britania Raya. Ia adalah salah satu tokoh penting di abad ini. Filosofi politiknya kemudian dikenal sebagai Thatcherisme. Sebelum menjabat, ia sudah dikenal sebagai "Wanita Besi" (Iron Lady) di media Uni Soviet karena penentangannya terhadap komunisme.
Quote:
Angela Merkel

Spoiler for Keterangan Angela Merkel:

Dr. Angela Dorothea Merkel (lahir di Hamburg, Jerman, 17 Juli 1954; umur 55 tahun) adalah Kanselir Jerman saat ini. Sebagai ketua Partai Uni Demokratik Kristen (CDU), ia juga memimpin koalisi di parlemen Jerman bersama partai politik partai kubunya, yaitu Uni Sosial Kristen (CSU) dan Partai Demokrat Bebas (FDP, yang berhaluan liberal), yang terbentuk setelah penyelenggaraan Pemilu Federal 2009.

Merkel telah menjadi Ketua CDU sejak tahun 2000 dan Ketua kelompok partai CDU-CSU di parlemen pada periode 2002-2005. Ia adalah Kanselir perempuan pertama Jerman dan orang pertama bekas warga negara Republik Demokratik Jerman yang memimpin Jerman setelah reunifikasi Jerman. Ia juga merupakan perempuan pertama yang memimpin Jerman sejak negara itu menjadi sebuah negara kebangsaan yang modern pada 1871. Termasuk dia, hingga 2006, telah terdaftar sejumlah kanselir termuda perorangan sejak Perang Dunia II. Menurut Majalah Forbes, ia merupakan seorang wanita paling berkuasa di dunia dan wanita ketiga dalam kapasitasnya sebagai Ketua G8. Pada 1 Januari 2007, ia menjadi wanita kedua dalam jabatannya sebagai Ketua G8 setelah Margaret Thatcher.

Quote:
Ellen Johnson-Sirleaf

Spoiler for Keterangan Ellen Johnson-Sirleaf:

Ellen Johnson Sirleaf (lahir di Monrovia, Liberia, 29 Oktober 1938; umur 71 tahun) adalah Presiden Liberia saat ini. Kemenangannya secara formal disahkan oleh komisi pemilihan Liberia pada 23 November 2005 tak lama setelah pemilu presiden 2005. Ia secara resmi dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden yang diikuti oleh 22 kandidat. Empat di antaranya adalah ia sendiri, bintang AC Milan tahun 1995 George Weah, mantan presiden dan penjahat perang Charles Taylor, dan mantan pemimpin gerilyawan Sekou Conneh. Pelantikannya sebagai presiden dilakukan pada 16 Januari 2006. Wakilnya juga perempuan, yaitu Joseph Boakai yang juga seorang "Iron Lady".

Pemilu presiden yang diselenggarakan pada 11 November 2005 bersamaan dengan pemilihan parlemen untuk memilih 30 Anggota Senat dan 64 anggota House of Representatives melajukan namanya dengan 19,7 persen dan 29,8 persen untuk George Weah. Ia unggul pada pemilu tahap kedua yang dilaksanakan 8 November 2005 dengan 59,4 persen suara sah, sementara George Weah hanya memperoleh 40,6 persen. Atas keputusan Komisi Pemilu Nasional (NEC), ia tercatat sebagai perempuan pertama yang terpilih sebagai kepala negara di Afrika.

0 comments:

Post a Comment