Follow @jagadaneh
2011-11-13 - Jagad-Aneh
Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Gunung Vesuvius Si Pemusnah Peradaban Pompeii

Written By WENDHA AGUS TANDRA on Thursday, November 17, 2011 | 3:03 PM

Hari ini hampir 2000 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 24 Agustus tahun 79, terjadi letusan dahsyat gunung Vesuvius tak jauh dari ujung selatan Italia. Konon letusan itu adalah yang pertama setelah gunung api tersebut tertidur lelap selama berabad-abad.
Letak Vesuvius, dari http://volcano.und.nodak.edu

http://tymask.files.wordpress.com/2009/05/pompeii_03.jpg


Gunung Vesuvius yang menurut legenda berarti “Putra Ves/Zeus” alias Hercules, terletak di kawasan Campagnia dekat Teluk Napoli, tak jauh dari kota industri dan perdagangan Pompeii yang ketika itu berpenduduk lebih dari 20 ribu jiwa. Tak jauh dari sana juga terdapat kota peristirahatan musim panas, Herculaneum, yang dipenuhi villa, pemandian ala Romawi, dan tak lupa perjudian. Di sekitarnya dapat dijumpai perkebunan anggur yang luas, juga beberapa kota kecil seperti Stabiae.

http://ethnology.files.wordpress.com/2010/04/ve3d-vesuvius_1.jpg

Letusan pada tahun 79 ini diawali oleh sebuah gempa besar pada tahun 62. Tetapi bangsa Romawi pada masa itu tidak menghubungkan gempa dengan aktivitas gunung berapi. Mungkin ini karena mereka, terutama di Campagnia, sudah terbiasa dengan banyaknya getaran dan goncangan bumi, kecil dan besar.

http://volcano.oregonstate.edu/sites/default/files/Vesuvius_from_plane.jpg

dari WikipediaMenjelang tengah hari tanggal 24 Agustus, Vesuvius meledak, menghamburkan gumpalan abu tebal yang bisa digambarkan menyerupai jamur atau pohon cemara. Seperti digambarkan Pliny The Younger, filsuf yang sedang berada di Teluk Napoli pada saat letusan terjadi, dalam suratnya kepada Tacitus, abu terlempar jauh tinggi ke atas seperti batang, lalu melebar dan akhirnya berhamburan ke bumi. Tinggi semburan ini diduga mencapai 30 kilometer, dan selama hampir 12 jam kemudian, Pompeii seperti dilapisi abu dan kerikil vulkanis setebal beberapa sentimeter.

http://i624.photobucket.com/albums/tt327/deathnotekira77/800px-Vesuvius_from_Pompeii.jpg

Penduduk Pompeii panik dan mulai mengungsi ke luar kota, menyisakan 2000 orang yang masih bertahan dalam lubang-lubang persembunyian menanti letusan gunung berakhir. Tapi selambat-lambatnya pada keesokan harinya, mereka tewas karena keracunan setelah menghirup gas dan abu vulkanis.

http://4.bp.blogspot.com/_zRvrA91nxE4/SYbxnCe3kXI/AAAAAAAAAqM/T-_H6rb_CwA/s1600/pompeii_temple_of_jupiter.jpg

Korban Vesuvius, dari http://www.bbc.co.uk/historySementara Herculaneum sementara masih terselamatkan pada fase awal karena angin bertiup dari arah Barat. Tetapi penduduk Herculaneum yang sesungguhnya terletak lebih dekat dengan Vesuvius, tak sempat lega terlalu lama. Gumpalan abu dan gas diikuti oleh letusan lava dan bebatuan menenggelamkan kota itu hingga lebih dari 20 meter. Suhu yang mencapai 400 derajat Celcius membuat benda organik seperti tubuh manusia menghangus, atau bahkan meledak.

http://1.bp.blogspot.com/_u8L2mMKopjM/S3fY3wfg9UI/AAAAAAAAAN4/loavvMNRoiU/s320/Pompeii+2.jpg

http://1.bp.blogspot.com/_b08RWB-bfFM/SdUBjpHzskI/AAAAAAAAAgo/criNONcjG8U/s320/KOrban+Pompeii.jpg

http://misteridunia.files.wordpress.com/2008/09/pompeii.jpg

Letusan berlangsung selama hampir 24 jam, di mana Vesuvius melepaskan 4 kilometer kubik kandungannya, terutama abu dan bebatuan. Kawasan yang menderita kerusakan paling parah adalah kawasan di selatan dan tenggara gunung itu. Jumlah keseluruhan korban yang meninggal dunia mencapai 10 ribu orang.

http://4.bp.blogspot.com/_tQVrXC0jXzo/SwTWyjEXRfI/AAAAAAAAANk/qaMXtEjnUpA/s1600/pompeii-dead.jpg

http://www.nationalgeographic.com/history/ancient/images/sw/pompeii-victim-50657432-sw.jpg

Pompeii dan Herculaneum ternyata tak pernah dibangun kembali oleh para -bekas- penduduknya yang selamat, hingga secara kebetulan ditemukan kembali pada abad ke-18. Tetapi Vesuvius kini masih berdiri tegak. Ia masih sempat meletus puluhan kali hingga terakhir kalinya pada tahun 1944. Walaupun tinggi puncaknya saat ini hanya 1281 meter dari permukaan laut, satu-satunya gunung berapi benua Eropa yang masih aktif ini akan selalu mengingatkan akan ganasnya alam yang dapat memusnahkan sebuah kota.

http://3.bp.blogspot.com/_2sQ1MmTf5i8/SFh5Ls5eEcI/AAAAAAAAAdk/QRDu9KM_hZA/s400/pompeii.jpg

http://www.cosmogirl.co.id/files/teasercontent/teaser__090203135635.jpg

Dan kita, penduduk Indonesia, sewajarnya juga mengingat bahwa gunung-gunung berapi di sekitar kita harus selalu diwaspadai aktivitasnya. Terlebih lagi, karena Indonesia masih memegang rekor jumlah korban tewas terbanyak akibat letusan gunung berapi, yaitu letusan Gunung Tambora (Sumbawa, April 1815) yang mengambil 92 ribu jiwa.
3:03 PM | 0 comments

Seorang profesor mengklaim menemukan petunjuk lokasi harta karun suku Maya seberat 8 ton pada Dresden Codex

Kita selalu takjub dengan petualangan memburu harta karun seperti yang digambarkan dalam film Indiana Jones atau National Treasure. Tetapi bagi Joachim Rittsteig, petualangan yang sesungguhnya baru akan dimulai karena ia mengklaim telah berhasil menemukan sebuah petunjuk yang mengarah kepada lokasi harta karun suku Maya. Ia menemukan petunjuk itu di dalam Dresden Codex yang telah berusia ratusan tahun.

Perlu dicatat kalau Joachim bukanlah seorang pengkhayal yang terlalu banyak menonton film petualangan. Ia adalah seorang profesor Emeritus di universitas Dresden yang telah mempelajari kebudayaan suku Maya selama 40 tahun. Ia juga ahli bahasa suku Maya dan salah satu objek penelitiannya adalah Dresden Codex yang berisi catatan-catatan mengenai kebudayaan suku Maya.

Joachim percaya kalau pada Codex itu tersembunyi harta karun berupa emas murni seberat 8 ton. Bukan itu saja, Joachim mengklaim mengetahui lokasi persembunyian harta tersebut, yaitu di dasar danau Izabal.

Dresden Codex atau Codex Dresdensis sendiri adalah satu dari empat dokumen utama yang masih tersisa dari kebudayaan Maya. Dokumen ini pertama kali ditulis oleh para pendeta suku Maya pada tahun 1250 Masehi. Dokumen ini memiliki 74 halaman dengan 74 hieroglyps yang berbeda. Jika direntangkan, panjangnya mencapai 3,56 meter. Para ahli percaya kalau dokumen ini adalah dokumen tertua yang pernah ditulis di benua Amerika.

Dresden codex ditulis diatas kertas yang terbuat dari batang pohon ara dan ditulis oleh delapan penulis yang memiliki gaya tulisan yang berbeda-beda. Masing-masing dari mereka juga membahas subjek yang berbeda pula.

Ada bahasan mengenai astronomi yang memuat tabel Venus dan Bulan dengan akurasi yang luar biasa. Tabel bulan itu memiliki interval yang berkolerasi dengan gerhana. Sedangkan tabel Venus berkorelasi dengan pergerakan planet itu di angkasa.

Di dalamnya juga ada almanak, tabel astrologi, informasi mengenai musim-musim, banjir, penyakit, pengobatan, referensi keagamaan dan saran mengenai waktu bercocok tanam.

Selain itu, codex ini jugalah yang dianggap banyak orang telah memprediksikan kehancuran bumi pada tahun 2012 karena pada bagian akhirnya diceritakan mengenai bumi yang tenggelam oleh air yang keluar dari mulut naga.

Pertama kali Codex ini dikenal masyarakat luas adalah pada tahun 1739 ketikaJohann Christian Gotze, direktur Royal Library di Dresden, membelinya dari kolektor pribadi di Wina, Austria. Bagaimana awalnya Codex itu bisa berada di Wina tidak diketahui dengan pasti. Namun ada spekulasi yang menyebutkan kalau Codex itu mungkin telah dihadiahkan oleh Hernando Cortes kepada Charles I, Raja Spanyol pada waktu itu.

Seperti yang kita ketahui, Hernando Cortes adalah penakluk Spanyol yang berhasil menguasai sebagian besar wilayah Mexico pada awal abad ke-16, termasuk kerajaan Aztec yang berhasil dilumpuhkannya pada tahun 1521.

Setelah diperoleh oleh Gotze, pada tahun 1744, Codex itu diberikan kepada Royal Library di Dresden yang kemudian memamerkannya untuk pertama kali pada tahun 1848.

Pada perang dunia II, codex itu mengalami kerusakan serius akibat pengeboman. Dua belas halamannya rusak dan bagian-bagian lainnya hancur. Namun, usaha restorasi yang terus menerus berhasil memulihkannya sehingga bisa dipelajari hingga kini.

Siapa sangka, dokumen yang awalnya hanya dianggap bernilai sejarah ini ternyata mengandung petunjuk mengenai harta karun yang sangat berharga.

"Codex Dresden memiliki petunjuk yang mengarah kepada delapan ton emas murni." Kata Joachim Rittsteig.

Dengan disponsori oleh surat kabar Bild dari Jerman, Ia telah menyiapkan sebuah ekspedisi menuju danau Izabal, tempat yang dipercayainya menyimpan harta karun tersebut.

Joachim Rittsteig
Menurut Rittsteig, halaman 52 pada codex tersebut menyebutkan mengenai sebuah kota suku Maya yang bernama Atlan yang hancur oleh gempa bumi pada tanggal 30 Oktober tahun 666 sebelum Masehi. Di kota ini, mereka menyimpan 2.156 batangan emas yang dipermukaannya terukir hukum-hukum suku Maya.

Ketika kota itu hancur oleh gempa, emas-emas itu ikut tenggelam ke dalam danau Izabal yang berada di timur Guetamala.

Citra Satelit danau Izabal
Rittsteig mengklaim telah berhasil menemukan reruntuhan kota Atlan dengan citra radar yang diambil di daerah tersebut.

Ia memperkirakan kalau seluruh batangan emas itu bernilai sekitar 290 juta dolar Amerika. Ini jumlah yang sangat besar, bahkan untuk ukuran saat ini. Jika harta ini ditemukan, dipastikan kalau nilai sejarahnya akan jauh lebih berharga dibanding nilai materinya.

Selain masalah harta, ada satu hal lagi yang menarik dari perkataan Rittsteig. Kalian mungkin memperhatikan kalau nama kota suku Maya yang hancur oleh gempa bumi tersebut adalah Atlan.

Teringat dengan sesuatu?

Ya, Atlantis yang juga hancur oleh gempa bumi sekitar tahun 10.000 sebelum Masehi. Tentu saja yang membedakan kedua kota itu adalah rentang waktu kehancuran yang sangat jauh, hampir 9.000 tahun.

Jika kita tidak bisa menemukan Atlantis yang misterius itu, mungkin kita masih bisa menemukan kota Atlan yang penuh dengan batangan emas. Dan saya kira itu pun akan menjadi sesuatu yang sangat menarik.

Jadi, kita menunggu kabar darimu Prof. Rittsteig!
2:34 PM | 0 comments

Sophisticated World's Fastest Bicycle




Normally the most rapid cycling is around 50-70 kilometers per hour and brought the bike if the speed is only 80-120 only. But the Fastest Bike In this world Has Sophisticated speed 133 km / h it was incredible, you try to imagine biking with a speed of 130 how do you think?





Bikes are manufactured by a Canadian company called Varna Innovation & Research Corporation. The fastest bike was ridden by Sam Whittingham and designed by Georgi Georgiev. really like the name of the Sundanese yah? Big Grin. Apparently the company is already a record-breaking subscription fastest bike almost every year and every category. Determination of the record-breaking taken in Battle Mountain, Nevada, USA in 2009.





Record of 82,819 mph or 133.28 km / h made on a category 200m flying start to the male drivers who travel a distance of 200 meters with a start already in a state run by a certain speed and when it hits the starting point then was only allowed to encourage bicycle riders as much as possible (flying start). If you love watching Nascar racing car or A1 GP yes something like that. The record has also been recognized by VIATeC Victoria Canada.




This bike is way shaped recumbent bicycle ride to lie down, legs straight and hands push the pedal is on the handlebar that is parallel with the driver's chest or neck. Much like driving F1 cars. Because it takes a good aerodynamic bikes are then covered with a fairing made from lightweight and shaped flat like a fish body and even the wheels are also covered only meyisakan quarter section could be seen. However, riders can still meilhat track because there is a material that is also light but transparent so that the cockpit like a fighter jet.



6:22 AM | 0 comments

Unbelieveble Foto

6:20 AM | 0 comments

Google Earth to solve the mystery of strange structures in the Gobi Desert

Google Earth software to see the earth's surface, through imaging satellite images, reveal the existence of a strange broad structure in the barren Gobi Desert, in the territory of China. The form is not naturally a big question mark: could China build installations in remote areas for military, space program, or its nuclear program.

In the two images available on Google Earth, a long rectangular shape seen for miles. Braided lines intersected visible area of ​​the white color of the sky.

struktur aneh gurun gobi

struktur aneh gurun gobi

Another picture shows, a large concentric circles on the ground, with three jets seen parked in the middle.
struktur aneh gurun gobi

The new findings complement the earlier findings. In a previous image that revealed 2007, the image looks like an orange blocks arranged in a circle. In a more recent picture, the blocks have been scattered irregularly from its original position. Another picture shows a box filled with metal Arai fractions vehicle explosion debris.

All the strange site was seen at the border of Gansu and Xinjiang Provonsi, some sites are less than 100 miles from the Jiuquan, China's space program headquarters and satellite launch site.

Meanwhile, two rectangular site is located 70 miles from the nearest highway. Not detected any other activities in the vicinity. However, the relative distance is not far from military bases Ding Xin, in which China conducted a secret test program aircraft, about 400 miles.

Four hundred miles on the other hand is the Lop Nur salt lake where China conducted 45 nuclear bomb tests between the years 1967-1995. It was unclear why the buildings have a strange structure. Experts suspect, is related to optical cruising missile test China.

Tim Ripley, a defense of Jane's Defence Weekly magazine comparing the grid structure is similar to the one in Area 51, the United States a secret base in Nevada. "Picture a circle looks very much like a missile test, with the target and instrument recorder equipped weapon effects. Americans have a lot of things like that in Nevada, Area 51," said he, as published by the Telegraph, 14 November 2011.

Conspiracy theorists believe that Area 51 is home to the remains found alien spacecraft in Roswell. Although it is indisputable.

More wild speculation in China's social networking site, Baidu. "Well, it appears that we have Area 52," said one user. "Could it be an alien base," said another. "It looks like a solar energy facility, with the road along the side," so any other comments.

6:17 AM | 0 comments

Fotografi Awan Yang Menakjubkan

 Sky Photographs Clouds
Lihatlah awan dan tenemukan bentuk tampaknya menjadi kebiasaan yang sangat umum. Kita semua bisa melihat apa imajinasi kita mengatakan, meskipun beberapa awan menyarankan sangat menentukan bentuk dan semua yang perlu kita lakukan adalah sebuah usaha kecil untuk memvisualisasikan mereka. Ada juga beberapa formasi berawan dengan bentuk yang sangat aneh, "tidak wajar", yang menentang otak. Beberapa orang dapat melihat tanda-tanda UFO atau pesan yang berasal dari akhirat dan berniat untuk memecahkan misteri mereka.Masih ada orang-orang yang memiliki iman di atasnya. Tapi untuk The Cloud Apresiasi Masyarakat, mereka hanya manifestasi Alam puisi bahwa kita semua dapat menghargai.
 Sky Photographs Clouds

 Sky Photographs Clouds

 Sky Photographs Clouds

 Sky Photographs Clouds

 Sky Photographs Clouds

 Sky Photographs Clouds
6:12 AM | 0 comments

Angka Unik Yang Menyangkut Fakta Pada Tubuh Kita


900 km/jam

Kecepatan batuk. Artinya berangkat kerja dari rumah di Depok hingga ke kantor di kawasan Kuningan Jaksel hanya butuh waktu 0,0036 kecepatan batuk! Tentu saja bebas macet



2 gigi

Yang copot dari si perokok. Perokok yang menghabiskan satu bungkus rokok per hari, beresiko kehilangan 2 atau lebih gigi setiap 10 tahun ketimbang non-perokok. Masalahnya, gigi yang tidak terawatt dapat mengurangi 3,7 tahun masa hidup anda. Penyakit periodontal , mengundang bakteri yang kemudian melakukan ekspansi ke aliran daerah



500 bakteri

Pesta di mulut anda. Ada sekitar 500 jenis bakteri di rongga mulut anda, sedangkan lidah anda memiliki 10.000 pengecap yang masing-masing terdiri dari 50 sel-sel perasa. Sepanjang hidup, anda akan memproduksi 23.600 liter air liur, cukup untuk mengisi kolam renang di Senayan- selama pengunjung kolam yang lain tidak melihatnya



1,4 kg

Berat otak anda. Relatif sama dengan berat laptop yang anda tenteng tiap hari. Tapi ukuran bukanlah indicator dari kejeniusan. Buktinya berat otak Einsten di bawah rata-rata, Cuma 1,2 kg. Hampir dari 80% isi otak adalah air dan menyerap 25% dari keseluruhan kebutuhan akan oksigen dan gula pada system sirkulasi tubuh. Otak anda berhenti berkembang ketika anda berusia 18 tahun, dnegan kemampuan berpikir lebih dari 4 tetrabite (tepatnya: 4.194.304 megabite). Agar otak anda awet, berilah dia boron-terus terang, anda tidak akan menemukannya dalam varian Pentium-sejenis mikronutrisi yang bisa ditemukan pada buah prune, kurma dan kacang



177 km/jam


Kecepatan bersin. Ketika anda bersin, maka semprotan udara plus air liur, kuman dan materi-materi lain meluncur sangat cepat-secepat valentine rossi menggeber Yamaha nya di tikungan



150 gr

Berat ‘pup’ anda. Itu per hari, jadi dalam setahun anda mengumpulkan 55 kg-padahal 68% dari kita umumnya ‘ke belakang’ sekali sehari



28 gr

Berat satu bola mata. Kira-kira setara dnegan 5 keping uang logam Rp 500 (yang berwarna tembaga-emas) seperti kebanyakan manusia lain, anda membaca 25% lebih cepat pada kertas kertas ketimbang di layer computer. Penglihatan pria lebih teliti kepada detil ketimbang wanita, maka sebaiknya urus saja sendiri pembelian asuransi itu, jangan serahkan pada istri anda. Mau tahu kenapa wanita identik dengan kata’genit’? sebab wanita 50% lebih sering mengedip ketimbang pria!



680 ml

Keringat dalam sehari. Barangkali cukup untuk membersihkan kaca depan escudo 2.0 anda. Keringat membantu mengatur suhu tubuh sekaligus mengeluarkan zat-zat buruk yang tidak dibutuhkan tubuh, semacam residu. Jika anda mengeluarkan 680 ml keringat per hari, berarti 20 liter per bulan dan 240 liter per tahun. Seumur hidup barangkali anda mengeluarkan 18.000 liter atau setara dengan satu truk besar bensin pertamina yang tiap hari anda lihat di jalan. Di Jakarta, Rio de Janeiro , Singapura dan kota-kota beriklim tropis orang akan berkeringat lebih banyak : 4 liter sehari!!



1 menit

Cuci darah. Kedua ginjal anda rata-rata membersihkan 1 liter darah per menitnya. Setiap hari, mereka menyaring dan menjernihkan 1.700 liter- jika diasumsikan bensin, mungkin cukup untuk mengisi 31 mobil kijang, full tank!!!



10%

Populasi orang kidal di dunia. Jika anda termasuk salah satunya, anda berbakat menjadi alkoholik sekaligus akan menyerah pada penyakit Chron-radang usus kecil yang membuat usus sering terasa ‘kosong’. Sebaliknya penelitian ahli Prancis menyebutkan orang kidal akan sukses di olahraga satu lawan satu seperti tinju, tennis, bulutangkis, tetapi bukan catur….



96.650 km

Panjang seluruh pembuluh darah. Itu sama artinya dengan jarak bumi mengelilingi matahari



2m2

Luas kulit di tubuh. Barangkali anda butuh untuk mengganti bass drum di rumah anda? Hebatnya, beratnya tak lebih dari dua kali berat otak anda



8 kali

Bom gas dalam sehari!! Tidak peduli seganteng apapun seorang pria atau secantik apa pun wanita, dia akan kentut 8 kali sehari.



6:11 AM | 0 comments

Bagaimana Membajak Buku Dengan Cepat????

Cekidot.........
Pemindai berkecepatan tinggi di video di atas dengan mudah memungkinkan pengguna untuk mendigitalkan buku menggunakan gaya flip-buku proses scanning yang dapat memproses 200 halaman per menit. Pada dasarnya, ini dapat memindai Perpustakaan Kongres AS dalam waktu singkat;) Kita telah melihat beberapa scanner kecepatan tinggi namun tidak satupun buku yang dipindai ini dengan cepat.

Rig prototipe kamera menangkap 500 frame per detik di 1280 × 1024 piksel.Caranya adalah dalam dua mode optik menangkap setiap frame. Pertama, setiap halaman adalah difoto dalam cahaya biasa. Kedua, perangkat laser melempar baris di halaman dan kamera yang menangkap juga. Software kemudian bentuk model 3-D halaman dan retraces menjadi sebuah bentuk, biasa datar membereskan semua distorsi.
5:49 AM | 0 comments

Blog Stat

Followers